Jakarta – Dalam rangka peningkatan pelayanan khususnya pada barang kiriman impor, Direktorat Teknis Kepabenan dan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, melaksanakan Sosialisasi tentang PER-30/BC/2018 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-02/BC/2017 tentang Tata Laksana Impor Barang Kiriman dan Implementasi Aplikasi BC 1.4, yang bertempat di KPPBC Tipe Madya Pabean C Kantor Pos Pasar Baru pada Selasa (29/01).

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pasar Baru, Dwi Untung Supratikno menyampaikan apresiasinya terhadap acara sosialisasi aplikasi BC 1.4 yang telah di implementasikan sejak  1 Januari 2019, harapannya dengan dilaksanakan acara ini akan mempermudah proses pelayanan pada kantor-kantor vertikal. Sosialisasi tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan dari seluruh kantor di Indonesia.

Dalam acara tersebut, disampaikan bahwa BC 1.4 merupakan dokumen manifest pada barang kiriman luar negeri dan penerapannya di laksanakan mulai 1 Januari 2019 pada kantor-kantor vertikal di seluruh Indonesia. BC 1.4 sendiri merupakan pemberitahuan pemindahan penimbunan barang kiriman pos dari kawasan pabean ke tempat penimbunan sementara (TPS) di kawasan pabean di kantor pabean lain. BC 1. 4 atau yang kerap di sebut sebagai manifest hanya dapat diberlakukan untuk satu kantor asal (outward) dan satu kantor tujuan (inward). Manifest sendiri berfungsi untuk dokumen yang mengawasi dan mengamankan pemindahan barang dari satu kantor ke kantor di kawasan pabean.

Seksi Impor I Direktorat Teknis Kepabeanan, Pudji Siswanto menyampaikan, kedepannya BC 1.4 akan diintegrasikan dengan dokumen-dokumen CN, menunggu berjalannya sistem komputerisasi pada Pos Indonesia. Karena hal tersebut, pemberlakuan BC 1.4 atau manifest diberikan relaksasi dalam hal pemanfaaatannya, karena masih dilakukan secara bertahap meunggu penukaran data secara internasional di Pos Indonesia.

Selain itu, pertemuan ini juga menjadi wadah aspirasi serta masukan dari kantor-kantor vertikal seluruh Indonesia mengenai PMK 112/BC.04/2018 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman, mengingat peraturan tersebut merupakan peraturan baru yang berlaku sejak 10 Oktober 2018.