,

Campus Visits Customs

Jakarta – Rabu (27/03), Dalam rangka memperkenalkan dan membangun opini publik mengenai instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, khususnya mengenai barang kiriman luar negeri, Bea Cukai Pasar Baru mengadakan kegiatan visitasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta ke Kantor Bea Cukai Pasar Baru.

Dalam acara yang berlangsung di Aula KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar Baru, Kunawi selaku Kepala Kantor Bea Cukai Pasar Baru memberikan sambutan didepan 60 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Pada sambutannya, Kunawi menyampaikan terimakasih atas kesediaan mahasiswa dari Program Studi Manajemen Perdagangan dalam acara kunjungan study tour ke Kantor Bea Cukai Pasar Baru. “harapannya semoga teman-teman mahasiswa dapat menjadi salah satu agen Bea Cukai dalam hal memberikan informasi kepada masyarakat dan menjadi salah satu generasi muda anti narkoba”, ungkap Kunawi dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Kepala Program Studi Manajemen Perdagangan, Drs. Farmansyah Maliki S.E, Muhammad Raditya, dan Sri Handoko selaku Dosen Program Studi Perdagangan STEI. Kepala Program Studi Manajemen Perdagangan, Drs Farmansyah Maliki S.E menyampaikan harapannya dengan dilaksanakannya visitasi ke Kantor Bea Cukai, dapat memberikan gambaran mahasiswa dalam penerapan ilmu pergadangan internasional khususnya proses bisnis barang kiriman luar negeri yang ada di Jabodatabek dan Banten.

Penyampaian materi ketentuan barang kiriman luar negeri yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.04/2018, disampaikan oleh Syafrizal selaku Kasubsi Pengolahan  Data dan Administrasi Dokumen. Sedangkan untuk materi pengawasan impor barang kiriman disampaikan oleh Wahid Nurdi Hamzah selaku Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi. Dalam pemaparan materi tersebut disampaikan aturan pembebasan untuk impor melalui barang kiriman adalah sebesar FOB 75 USD untuk setiap penerima per hari. Disampaikan juga, agar para mahasiswa menjadi salah satu generasi anti narkoba, yang turut serta melindungi diri sendiri maupun masyarakat sekitar terhadap masuknya barang larangan dan pembatasan ke wilayah Indonesia.

Kegiatan Campus Visit Customs dilanjutkan dengan kunjungan ke Tempat Penimbunan Sementara, yang bertempat di lantai 1 Gedung Pos Internasional. Mahasiswa di di perkenalkan mengenai alur dan proses bisnis barang kiriman dari luar negeri. Selain itu, dalam hal tugas Bea Cukai sebagai community protector, tim dari K-9 melakukan aksinya dan mengajak para mahasiswa turut serta dalam demo yang dilaksanakan pada acara Campus Visit Customs hari ini. Tidak ketinggalan, tim dari Mini Laboratorium Bea Cukai Jakarta juga melancarkan aksinya dalam hal mengidentifikasi barang kiriman luar negeri yang masuk ke Kantor Pos Pasar Baru.

Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan Campus Visit Customs, mahasiswa dapat menjadi agen-agen Bea Cukai dalam memberikan dan membangun opini publik khususnya dalam hal barang kiriman luar negeri.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *